Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 Kelas 4 Tema 9 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 - Jawaban Buku Paket Siswa Tematik, untuk Kelas Semester 2. Selamat datang kembali di blog Tematik ini, kami akan memberikan kunci jawaban mengenai Buku Paket Siswa Tematik Semester 2 Kelas 4 khususnya pada Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 temanya adalah tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dalam pembelajaran 6 ini tentang Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber Energi.

Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4  Tema 9 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas Halaman 38-46

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6


Pernahkah kamu mendengarkan atau menyanyikan lagu “Manuk Dadali” Lagu tersebut merupakan gambaran burung garuda yang menjadi lambang negara kita. Kamu telah mengetahui Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Banyak orang mengatakan gambar burung garuda terinspirasi dari burung elang.

Perhatikan gambar burung elang berikut.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Membaca
Konservasi Elang di Halimun Salak

Burung elang jawa (Nisoetus bortefsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa tersebut antara lain karena kerusakan habitat tempat hidupnya, baik karena bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku lain manusia yang menyebabkan populasi burung ini makin menyusut tajam, yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh karena itu Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya, Indonesia masih memakai metode lama, yaitu dengan memasang semacam bend era kuning di sayap. Sebagai bandingan, di Thailand, pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mota.

Sumber: http://green.kompasiana.com/penghijauan/2012/10/31/konservasi-elang-di-halimun-salak-504938.html

Kamu telah membaca bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak. Addakah kata-kata sukar yang belum kamu ketahui artinya? Jika ada, tuliskan dalam tabel berikut. Kemudian, carilah arti kata-kata tersebut. Carilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau bertanyalah kepada orang-orang yang kamu anggap mengetahui.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 38

Kunci Jawaban Halaman 38 Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 39

Dari bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak, Kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu?  Lengkapilah peta pikiran seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Halaman 39 Kelas 4 Tema 9

Ayo Berdiskusi
Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan hasilnya dalam tabel seperti contoh berikut.

Aktivitas Manusia yang Mengganggu Kelestarian Elang Jawa

Aktivitas manusia yang dapat mengganggu kelestarian Elang Jawa antara lain sebagai berikut.
  1. Penggunaan lahan hutan untuk perumahan membuat makin sedikitnya area hutan yang merupakan habitat hewan.
  2. Perburuan dan penangkapan hewan liar berlebihan
  3. Perdagangan Satwa Liar juga menyebabkan berkurangnya populasi hewan langka.
  4. Pembukaan Hutan untuk lahan perkebunan tanpa izin.

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

Kunci Jawaban Halaman 39 Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 40

Ayo Berlatih
Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu!

Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Kunci Jawaban Halaman 40 Buku Kelas 4 Tema 9

Jawaban relatif berbeda-beda sesuai hasil jawaban wawancara dari narasumber

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 44


Konservasi terhadap flora dan fauna merupakan salah satu contoh perwujudan pelaksanaan hak dan kewajiban manusia terhadap lingkungan alam. Bersama kelompokmu, diskusikan bentuk-bentuk pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap lingkungan alam.

Kunci Jawaban Halaman 44 Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 45

Kunci Jawaban Halaman 45 Buku Kelas 4 Tema 9

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 46

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 46 Kelas 4 Tema 9

Ayo Renungkan
1 Apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajar mengenai kewajiban manusia terhadap hutan, pohon, sungai, hewan yang terancam punah serta belajar bertanya kepada narasumber dengan baik
2 Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Melatih keterampilan komunikasi saat bertanya kepada narasumber, serta menambah pengetahuan lebih banyak mengenai kewajiban manusia di bumi ini
3 Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Bisa berkomunikasi lebih baik saat bertanya kepada narasumber, serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
4 Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Menjadi pribadi yang peduli lingkungan, serta menyampaikan kepada teman dan saudara mengenai pentingnya menjaga lingkungan.
Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 Kelas 4 Tema 9 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 Kelas 4 Tema 9 Buku Tematik Siswa"