Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 101, 102, 105, 106, 107 Kelas 6 Tema 2 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 101, 102, 105, 106, 107 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 1. Bagiamana sahabat semua sudah siap? mari kita bahas bersama mengenai alternatif jawaban tematik kelas 6 semester 1 ini.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Halaman 101, 102, 105, 106, 107 Tema 2 Kelas 6

Ayo Membaca

Disajikan beberapa foto yang harus teman-teman amati dan sebuah teks yang harus teman-teman baca sekaligus untuk menambah pengetahuan teman-teman :

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Sumber :

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian teman-teman diminta untuk mengamati kata-kata pada teks tersebut. Apakah kata-kata yang digunakan termasuk kata baku?

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 101)

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku? Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!

Ada beberapa kata tidak baku pada bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi. Beberapa diantaranya adalah : Bangsa Indonesia seharusnya bangsa Indonesia. BM Diah seharusnya B.M. Diah (karena B.M. singkatan dari Burhanuddin Mohammad). Menyerahkannya melalui Presiden Soeharto, seharusnya menyerahkannya kepada Presiden Soeharto. Disimpan oleh Arsip Nasional seharusnya disimpan di Arsip Nasional (karena Arsip Nasional adalah nama tempat, bukan nama orang).Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 (Selasa pagi bukan nama tempat)

Kemudian disajikan sebuah tabel berisi kata baku dan tidak baku. Lalu teman-teman diminta menjawabnya. Jawaban kurang lebih sama dengan pertanyaan sebelumnya.

Kata Baku adalah kata yang digunakan dalam situasi resmi, penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Peta pikiran teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi.

Kunci Jawaban Halaman 101 Tema 2 Kelas 6


Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 102)


Kunci Jawaban Halaman 102 Tema 2 Kelas 6

Ayo Berdiskusi


Kunci Jawaban Halaman 106, 107 Buku Tema 2 Kelas 6

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 105)

Dalam kelompok, berjalanlah mengelilingi halaman atau lingkungan sekolah.  Pilihlah satu jenis tanaman dan hewan! Amatilah habitatnya! Tulislah manfaat hewan dan tumbuhan tersebut bagi kehidupan manusia!

Kunci Jawaban Halaman 105 Tema 2 Kelas 6

Diskusikanlah hasil pengamatanmu dengan teman sebelahmu! Apa yang kamu temukan berbeda dengan hasil pengamatanmu? Tulislah informasi pada tabel dalam bentuk tulisan!

Tumbuhan dan hewan memiliki banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Misalnya rusa merupakan bahan konsumsi makanan selain itu daging rusa juga bebas kolesterol, sehingga bisa dijadikan menu alternatif bagi pengidap kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena mineral yang terkandung dalam daging rusa cukup banyak seperti kalsium, zat besi, magnesium dan vitamin B3. Tumbuhan jahe digunakan untuk bahan makanan dan bahan obat

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 106-107)

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang? 

Dengan adanya kemerdekaan para pedagang memperoleh kebebasan dalm melakukan pekerjaan.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar? 

Dengan adanya kemerdekann para pelajar memiliki kebebsan untuk menuntut ilmu dan memperoleh pendidikan

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera? 

Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajiban kita agar tujuan tercapai. 

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar! 

  1. Selalu belajar dan berdoa dengan tekun.
  2. Berusaha sekuat tenaga meraih cita-cita.
  3. Berpikiran terbuka dan mau berubah

Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya sejahtera. Agar sejahtera, kita wajib bahu-membahu melaksanakan kewajiban kita agar tujuan tercapai. Negara yang sejahtera dapat terwujud apabila rakyatnya bersatu bekerja keras mencapai tujuan.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 101, 102, 105, 106, 107 Kelas 6 Tema 2 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 101, 102, 105, 106, 107 Kelas 6 Tema 2 Buku Tematik Siswa"